Manajemen Proyek [BLC TELKOM]



A.Pendahuluan
a.pengertian

manajemen adalah rangkaian kegiatan dalam proses memimpin dan mengendalikan kegiatan anggota organisasi.proyek adalah suatu paket atau rangkaian kegiatan,yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu,dengan alokasi sumber daya tertentu,dan untuk mencapai sasaran tertentu yang telah digariskan dengan jelas.

b.latar belakang
karna masih belum bisa menerapkan dan mengaplikasikan manajemen proyek di dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari

B.Maksud Dan Tujuan
supaya bisa menerapkan sekaligus langsung mengaplikasikan manajemen proyek di dalam kehidupan sehari-hari dan juga di dalam pekerjaan

C.Batas Dan Ruang Lingkup Pekerjaan
apa pengertian manajemen proyek
prinsip umum manajemen proyek

D.Target Dan Hasil Yang Diharapkan
memahami apa itu manajemen proyek dan dapat mengaplikasikanya

E.Metode Pelaksanaan
briefing
mendengarkan penjelasan

F.Alat Dan Bahan
laptop

G.Target Waktu
3 jam

H.Tahapan Pelaksanaan
-berdiskusi



membahas tentang
apa pengertian manajemen proyek
manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan,menggorganisasikan,mengendalikan sumber daya lembaga untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan
prinsip umum manajemen proyek POAC(planning,Organizing,Actuating dan controling)
1.Planing(perencanaan) adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan sasaran tertentu pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut:
-permasalahn yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia
-cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia
-penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang kongrit
-penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran
jadi didalam manajemen proyek itu perlu memulai perencanaan supaya kita tahu permasalahan dan tujuan yang kita tuju bisa berjalan dengan lancar



2.Organizing(pengorganisasian)dimaksud sebagai pangatur atas sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang ,dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam satu wadah organisasi.jadi dalam manajemen proyek itu butuh yang namanya pengorganisasian supaya dalam proses bekerja bisa menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik.dalam pengorganisasian juga ada struktur supaya proses berjalan dengan konsisten yang pertama koordinasi vertikat itu adalah yang memberi kita komando,koordinasi horizontal adalah interaksi satu level atau kariawan,koordinasi diagonal adalah interaksi berbeda level tapi diluar komando itu interaksi kariawan dengan orang luar


3.Actuating(penggerakan)diartikan sebagai fungsi manajemen untuk mengerakan yang telah ditetapkan di dalam planing misalnya pembagian kelompok piket dan ada seseorang yang meng koordinasinya
berikut ini beberapa metode mensukseskan"actuating"
-Hargailah seseorang apapun tugasnya sehingga ia merasa keberadaannya di dalam kelompok atau -organisasi menjadi penting.
-Instruksi yang dikeluarkan seorang pimpinan harus dibuat dengan mempertimbangkan adanya perbedaan individual dari pegawainya, hingga dapat dilaksanakan dengan tepat oleh pegawainya.
-Perlu ada pedoman kerja yang jelas, singkat, mudah difahami dan dilaksanakan oleh pegawainya.
Lakukan praktek partisipasi dalam manajemen guna menjalin kebersamaan dalam penyelenggaraan manajemen, hingga setiap pegawai dapat difungsikan sepenuhnya sebagai bagian dari organisasi.
-Upayakan memahami hak pegawai termasuk urusan kesejahteraan, sehingga tumbuh sense of belonging dari pegawai tersebut terhadap tempat bekerja yang diikutinya.
-Pimpinan perlu menjadi pendengar yang baik, agar dapat memahami dengan benar apa yang melatarbelakangi keluhan pegawai, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan sesuatu keputusan.
-Seorang pimpinan perlu mencegah untuk memberikan argumentasi sebagai pembenaran atas keputusan yang diambilnya, oleh karena pada umumnya semua orang tidak suka pada alasan apalagi kalau dicari-cari agar bisa memberikan dalih pembenaran atas keputusannya.
-Jangan berbuat sesuatu yang menimbulkan sentimen dari orang lain atau orang lain menjadi naik emosinya.
-Pimpinan dapat melakukan teknik persuasi dengan cara bertanya sehingga tidak dirasakan sebagai tekanan oleh pegawainya.
-Perlu melakukan pengawasan untuk meningkatkan kinerja pegawai, namun haruslah dengan cara-cara yang tidak boleh mematikan kreativitas pegawai
4.Controlling(pengendalian)diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana .misalnya dalam suatu klompok piket harus ada seseorang yang mengkoordinasi pekerjaan nya supaya proses nya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.
Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah:
-produk pekerjaan,baik secara kualitatif maupun kuantitatif
-seluruh sumber-sumber daya yang digunakan(manusia,uang,peralatan,bahan)
-prosedur dan cara kerjanya
-kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian sasaran

I.Temuan Permasalahan Serta Cara Penyelesaian Masalahnya
masih belum bisa menerapkan manajemen proyek di kehidupan sehari-hari dan juga di dalam pekerjaan
solusinya adalah menerapkanya secara perlahan lahan

J.Referensi
-konsepsi manajemen proyek di bidang it.pdf
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url