Step By Step Installasi UCS On VMware [XP-Solution Surabaya]

Apa sih Univention Corporate Server itu? Univention Corporate Server adalah sebuah server aplikasi dan administrasi untuk seluruh IT infrastruktur yang berbasis inovasi serta cost-efficient. UCS optimalnya cocok untuk mengatur lingkungan yang distributed heterogeneous dan di virtualisasi, dengan tidak peduli menggunakan Microsoft Windows, Mac OS X atau Linux systems.

UCS memiliki beberapa jenis server yang dapat dipilih yang mempunyai fungsi masing-masing yakni:

  1. Master Domain Controller, Server ini berfungsi sebagai domain controler primer pada sistem UCS yang harus di install pertama kali, data seperti user, group serta SSL sertifikat di simpan pada server ini. Master akan melakukan penggandaan ke server anggota domain.
  2. Backup Domain Dontroller, Server ini mempunyai seluruh data dari domain serta SSL sertifikat yang berupa read only. Backup mempunyai fungsi utama sebagai fallback sistem dari master, apabila master terjadi fail sehingga tidak dapat digunakan kembali backup akan mengambil alih role master secara permanen.
  3. Slave Domain Controller, Pada server ini data disimpan dalam bentuk read only perbedaan dengan Backup tidak melakukan meng-copy seluruh sertifikat. Slave biasa digunakan untuk menghandle pendistribusian load intensive service. Serta slave tidak dapat dipromosikan menjadi master.

Installasi Univention Corporate Server On VMware:

1. Klik Open a Virtual Machine.
2. Kemudian masukan file UCS kemudian -> Buka.
3. Klik Power on this virtual machine.
4. Di sini kita tunggu saja sampai ke menu selanjutnya.
5. Pada language kita pilih English -> Next.
6. Pada Default system locate kita pilih English -> pada Time zone  pilih America/New_york -> dan pada kyboard layout kita pilih yang English(US).
7. Pada menu ini pastikan laptop sudah terhubung ke mikrotik yang sudah di setting DHCP Server kemudian Next.
8. Klik Create a new USC domain -> Next.
9. Kemudian pada menu Account information kita isi -> Next.
10. Klik Next.
11. Check List Update systemnya -> klik Configure system.
12. Nah, jika kita sudah sampai pada tampilan / gambar di bawah berarti kita sudah berhasil.
Terima kasih atas perhatiannya semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun. Apabila ada salah kata dan kekurangan kata dalam artikel ini, saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya ;)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url