Memasang Dan Melepas Resistor Dan Kapasitor [LPKS INDOGSM]




A.Pendahuluana

a.pengertian
    Komponen Elektronika adalah elemen dasar yang digunakan untuk membentuk suatu rangkaian elektronika dan biasanya dikemas dalam bentuk diskrit dengan dua atau lebih terminal penghubung.


b.latar belakang
karena saya ingin mempelajari bagai mana melepas dan memasang komponen gunannya saat nanti jika ada suatu pekerjaan seperti mengganti IC

B.Maksud Dan Tujuan

supaya bisa mengganti komponen yang rusak,dan agar tidak kaget lagi saat suatu saat mengganti komponen seperti IC,resistor,kapasitor,lilitan,dan dioda

C.Batasan Dan Ruang Lingkup Pekerjaan
Melepas dan memasang komponen

D.Target Dan Hasil Yang Diharapkan
bisa melepas dan memasang IC dengan sempurna tanpa meleleh

E.Alat Dan Bahan
PCB yang berisikan komponen yang lengkap
Blower
Pinset
Flug

F.Target Waktu
08.00-16.00

G.Tahapan Pelaksanaan
#Langkah 1 karena kemaren pada saat melepas saya tidak menggunakan flug,dan yang pertama saya foto terlebih dahulu supaya tidak lupa letak letak komponennya
#Langkah 3 jadi proses pelepasan resistor dan kapasitor agak lama dan icnya meleleh yang pertama beri flug pada komponen yang mau saya lepas kemudian di blower sampai timah berwarna kinclong
#Langkah 3 setelah timah pada komponen berwarna kinclong saya mulai melepaskan satu satu resistor dan kapasitor nya,Setelah semua komponen resistor dan kapasitor di lepas saya memanaskan lagi timah pada PCB nya sampai berwarna kinclong dan kemudian barulah tempelkan komponennya.

H.Temuan Masalah Serta Cara Penyelesaian Masalahnya
-masih Tremor pada saat pemasangan komponen 
I.Kesimpulan
jadi di atas adalah kegiatan praktik melepas dan memasang komponen gunanya untuk persiapan saat nanti jika ingin mengganti komponen yang rusak

J.Referensi
- guru pembimbing(Mas Dodik Dan Mas Ibnu)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url