Pentingnya Etika Komunikasi Dalam Bekerja [BLC TELKOM]


A.Pendahuluan
a.pengertian

etika itu suatu karakteristik atau watak seseorang dalam berbicara ataupun bekerja.etiket itu suatu sikap seseorang dalam bekerja seperti sopan santun dalam bekerja

b.latar belakang
supaya kita tahu caranya berkomunikasi dengan baik dan sopan dalam bekerja

B.Maksud Dan Tujuan
a.maksud

supaya kita bisa berkomunikasi dengan baik dan benar dan dilakukan dengan sopan

b.tujuan
agar kita bisa menerapkan etika dalam pekerjaan

C.Batasan Ruang Lingkup Pekerjaan
Pengertian Etika
Etika dan etiket yang baik dalam komunikasi
contoh tehnik komunikasi yang baik
mengunakan 5w+1h untuk komunikasi efektif

D.Target Dan Hasil Yang diharapkan
memahami etika berkomunikasi dengan baik dan benar dan bisa menerapkanya

E.Metode Pelaksanaan
briefing dan mempraktekanya

F.Alat Dan Bahan
laptop

G.Target Waktu
(11.35-13.00)

H.Tahapan Pelaksanaan


menjelakan tentang
-Pengertian etika
etika&etiket adalah cara kita dalam berkomunikasi misalnya watak,karakteristik,dan sopan santun dalam berkomunikasi-etika&etiket yang baik dalam berkomunikasi
jujur tidak berbohong jadi dalam berkomunikasi kita harus selalu jujur dan jangan berbohong
bersikap dewasa dan tidak kekanak-kanakan jadi kita harus bersikap secara dewasa saat berkomunikasi dan tidak bersifat kekanak-kanakan yang ingin selalu diperhatikan dan dituruti dalam berbicara
lapang dada dalam berkomunikasi jadi kita harus siap menerima kritikan ataupun saran dari lawan bicara kita
menggunakan panggilan atau sebutan orang yang baik jadi saat berkomunikasi kita harus menggunakan panggilan namanya bukan nama samaranya atau yang lainnya
menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efesien jadi saat kita berkomunikasi kita harus menyesuaikan bahasa yang mudah dipahamai oleh lawan bicara kita
tidak mudah emosi/emosional jadi saat berkomunikasi kita jangan mudah terpancing oleh emosi lawan bicara kita
berisiniatif sebagai pembuka dialog jadi saat berkomunikasi kita harus memiliki inisiatif untuk memulai pembicaraan dan jangan menunggu kita di tanya
berbahasa yang baik,ramah dan sopan jadi saat berkomunikasi kita harus menggunakan bahasa yang baik dan jangan menggunakan bahasa toxic
menggunakan pakaian sesuai keadaan jadi kita harus menyesuaikan pakaian kita saat bermain harus menggunakan apa dan saat bekerja harus menggunakan apa
bertingkah laku yang baik jadi saat kita berkomunikasi kita harus bersikap baik kepada lawan bicara kita dan tidak bersikap seperti kanak-anak-contoh tehnik komunikasi yang baik
menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan jadi kita harus menyesuaikan contohnya saat kamu memiliki teman dan dia sepekerjaan dengan kita maka dalam pekerjaan kamu harus bisa membedakan cara berkomunikasi saat bekerja dan saat berkomunikasi diluar kerja atau bermain
gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara contohnya misalkan kita sedang berbicara dengan orang jakarta dan kita itu orang jawa maka kita harus menggunakan bahasa yang dipahami oleh orang jakarta tersebut
menatap lawan bicara dengan lembut
memberi ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
gunaka gestur yang sopan dan wajar
bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
memakai pakaian yang rapi,menutup aurat
mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara
menggunakan volume,nada,intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik contohnya kita bisa menyesuaikan cara berbicara dengan orang yang lebih tua,anak anak,dan teman sendiri
menggunakan komunikasi non-verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan,merunduk,hormat ces atau tos,cipika-cipiki dan lain sebagainya-menggunakan 5w+1h untuk komunikasi efektif
who(siapa)dengan mengetahui dengan siapa kita berkomunikasi maka kita bisa menyesuaikan nada berbicara dengan sopan dan baik
what(apa)setelah kita tahu lawan bicara kita dan permasalahan nya maka kita akan tahu apa topik yang akan di bicarakan
where(di man)seperti yang tadi saat kita memiliki teman dan itu sepekerjaan dengan kita maka kita harus bisa membedakan cara berkomunikasi saat bekerja dan saat bermain
when(kapan)waktu dalam berkomuni kasi itu sangat penting dalam berkomunikasi seperti saat kita mau melamar seseorang maka kita harus bisa menentukan kapan wktu yang tepat misalnya sehabis waktu sholat isyak
why(mengapa)saat kita tahu tujuan dan maksud pembicaraan maka kita bisa tau dan lebih fokus pada tujuan itu
how(bagaimana)supaya tujuan kita yang baik itu tidak hancur kita harus bisa mengatur cara penyampaian nya dengan baik

I.Temuan Permasalahan Serta Cara Penyelesaian Masalahnya
masih belum bisa menerapkan etika berkomunikasi dengan baik
solusinya meerapkanya secara perlahan dalam pekerjaan

J.Referensi
-

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url